Monday, January 28, 2013

Ilmu Alamiah Dasar


       1.     Jelaskan pengertian Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu alamiah dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang konsep-konsep atau prinsip dasar yang penting dari gejala – gejala yang terjadi di alam semesta. Pengertian Ilmu Alamiah dasar  Ilmu Alamiah Dasar jika dipenggal berasal dari tiga suku kata. Ilmu artinya bagian dari ilmu pengetahuan manusia. Alamiah artinya terjadi dengan sendirinya dan dasar artinya permulaan suatu bentuk. Istilah ini berasal dari Eropa Daratan (Belanda, Jerman, Inggris, dan Amerika). Yang mana istilah ini masuk ke indonesia pada zaman yang berbeda-beda. Ilmu alamiah dapat dilihat dalam arti luas dan dalam arti sempit. Dalam arti luas ilmu mencakup semua pengetahuan.Ilmu alamiah dasar adalah merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam manusia.
Ilmu alamiah atau biasa disebut dengan ilmu pengetahuan (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta termasuk dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prisip-prinsip dasar yang esensial saja. Bagian-bagian dari Ilmu Alamiah Dasar meliputi penciptaan manusia yang telah diberikan akal untuk berfikir, lahirnya ilmu alamiah, keterbatasan ilmu alamiah, pembagian ilmu pengetahuan dsb. IAD merumuskan pemikiran yang selalu dilandasi oleh realisme, karena ilmu sains ini mempelajari tentang metode alamiah dan gejala alamiah sehingga tidak dapat terlepas dari objek yang mengaitkan panca indra. Jadi pengertian ilmu alamiah yang saya ketahui itu adalah pengetahuan dasar yang mempelajari alam semesta, dan dapat dikatakan sebagai konsep awal terbentuknya ilmu pengetahuan alam. yang dapat dipelajari dengan cara, metode-metode atau prinsip-prinsip yang tidak dapat lepas dari kenyataan (realitas).
Ilmu alamiah dasar lebih sering menggunakan manusia sebagai objek pokoknya, karena itu ilmu alamiah dasar pun berkembang seiring dengan bertambahnya kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan, seperti ditemukan nya penetapan pembagian waktu berdasarkan peredaran matahari, dan ditemukan nya berbagai macam unsur kimia. Jika di lihat dari teknologi maka ilmu alamiah bisa mencakup sains, rekayasa (engineering) dan manajemen. Dari sisi Sains yaitu eksplorasi ke alam materi berdasarkan observasi, bertujuan untuk mencari hubungan antara fenomena yang di amati dan yang bersifat menerangkan.

2. Apa hubungan IAD dengan jurusan yang di ambil
Untuk mengetahui kaitan Ilmu Alamiah Dasar dengan akuntansi, kita harus mengetahui pengertian akuntansi terlebih dahulu. Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggung jawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
Sama halnya dengan matematika, akuntansi komputer juga berkaitan erat dengan menghitung angka dan variabel. Hanya saja aplikasi yang di gunakan telah berbasis komputer. Ilmu Alamiah Dasar bersifat alami yang artinya dapat tumbuh dengan sendirinya, hanya saja perlu pengolahan/ proses agar dapat berkembang. Akuntansi pun demikian, memerlukan pengumpulan dan pengolahan data untuk mendapatkan hasil yang akurat. Ilmu Alamiah Dasar dapat kita jumpai pada pelajaran/ mata kuliah akuntasi komputer. Dimana Ilmu Alamiah Dasar mencakup Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi. Kaitan akuntansi komputer dari segi teknologi,  akuntansi komputer merupakan sarana yang digunakan untuk menghitung, mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi dengan sarana berbasis komputer. Hal ini di maksudkan agar dapat mempermudah akuntan untuk mengerjakan tugas-tugas nya dan dapat meminimalisir waktu yang di gunakan.
Kaitan akuntansi komputer dari segi Ilmu Pengetahuan Alam, mencakup ilmu biologi yang di dalamnya terdapat hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia lainnya. Ini membuktikan bahwa tidak terlepasnya manusia sebagai makhluk sosial, dimana manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Semua hal tersebut membutuhkan suatu proses. Berkaitan dengan hal tersebut, akuntansi pun membutuhkan sebuah proses pengumpulan dan pengolahan data. Jadi dapat di katakan Ilmu Alamiah Dasar dan akuntansi komputer memiliki keterkaitan.
  
3. IAD dalam kehidupan sehari-hari
Contoh Ilmu Alamiah Dasar dalam kehidupan sehari – hari adalah  gaya gravitas Bumi atau gaya tarik – menarik Bumi. Kenapa kalau kita jatuh, pasti jatuhnya ke bawah? atau mengapa jika kita melempar suatu benda ke atas benda tersebut selalu jatuh lagi ke bawah? Kalau kita berjalan, duduk, berdiri, tidur, mengapa semua benda di bumi ini seakan-akan menempel di permukaan bumi/lantai atau tanah? Jawabannya adalah karena adanya suatu gaya yang menarik kita selalu menuju ke bawah.
            Gaya yang menarik kita selalu menuju ke bawah itu disebut gaya gravitasi. Gaya gravitasi terdapat pada semua benda. Semakin besar massa/berat benda tersebut, semakin besar pula gaya gravitasi yang ditimbulkannya. Pengertian gravitasi yang lain adalah gaya
tarik-menarik yang terjadi pada semua partikel yang mempunyai massa. Jika di bumi, gaya gravitasi bumi disebabkan karena bumi yang berukuran besar memiliki massa yang juga besar sehingga dapat menarik semua benda yang berada di atasnya.
            Bumi kita merupakan bola yang sangat besar, sehingga bumi memiliki gaya gravitasi yang besar pula yang dapat menarik segala benda yang berada di dekatnya (rumah, manusia, batu, binatang, bahkan juga bulan dan satelit yang mengelilingi bumi kita). Oleh karena itulah, walaupun kita berada di bagian bawah bola bumi, kita tidak akan jatuh karena ada gaya gravitasi bumi yang arahnya menuju pusat bola bumi.
            Diri kita juga adalah sebuah benda yang memiliki gaya gravitasi. Tapi mengapa pulpen, buku, atau benda-benda kecil di sekeliling kita tidak menempel pada tubuh kita? Ya tentu saja, karena gaya gravitasi tubuh kita kalah oleh gaya gravitasi bumi yang kita diami ini. Lalu mengapa burung, balon udara, pesawat terbang, roket, tidak tertarik oleh gaya gravitasi bumi? Hal itu dikarenakan benda-benda tersebut memiliki gaya lain yang dapat melawan gaya gravitasi, sehingga mereka bisa melayang/lepas tidak tetap lengket/menempel pada permukaan bumi.
Gravitasi dapat bervariasi di berbagai bagian Bumi. Meskipun kita biasanya berpikir bahwa bentuk bumi itu bulat, akan tetapi tidak selalu demikian, bumi memiliki bentuk yang menonjol di Ekuator dan lebih datar di kutub karena rotasi. Massa bumi tidak menyebar secara proporsional, dan posisinya bisa berubah dari waktu ke waktu.

4. Apa saja yang ada di IAD
Hal-hal yang terkandung dalam Ilmu Alamiah Dasar adalah segala ilmu pengetahuan dalam dunia ini asalkan masih berlandaskan realitas. Seperti membahas tentang semua gejala-gejala alam yang terjadi di dunia.
            Akuntansi pun termasuk kedalam kajian Ilmu Alamiah Dasar karena Akuntansi juga berkaitan erat dengan menghitung angka dan variabel. Ilmu Alamiah Dasar bersifat alami yang artinya dapat tumbuh dengan sendirinya, hanya saja perlu pengolahan/ proses agar dapat berkembang. Akuntansi pun demikian, memerlukan pengumpulan dan pengolahan data untuk mendapatkan hasil yang akurat.

No comments:

Post a Comment